Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional Bahasa Inggris SMK

Mister Guru (Prastowo Ismanto)
0

A. Kompetensi Listening

Listening (Mendengarkan)
Memahami makna dalam wacana lisan interpersonal, transaksional, monolog sederhana dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
  1. Pictures
    Indikator:
    1. Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang kegiatan yang sedang berlangsung di dalam ruangan (indoor)/di luar ruangan (outdoor) sesuai dengan gambar.
    2. Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang lokasi suatu benda/posisi seseorang sesuai dengan gambar.
    3. Menentukan pernyataan lisan yang tepat tentang penampilan (ciri-ciri fisik) seseorang/deskripsi benda sesuai dengan gambar.
  2. Questions/Statements-Responses
    Indikator:
    1. Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian saran/pendapat.
    2. Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang mengungkapkan sebuah undangan/penawaran.
    3. Menentukan respons yang tepat terhadap pernyataan/pertanyaan lisan yang berisi pemberian arah atau lokasi suatu tempat/keberadaan seseorang/kondisi suatu benda/tempat.
  3. Short Conversations
    Indikator:
    1. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan sehari-hari/kegiatan yang sedang berlangsung.
    2. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang pemesanan sesuatu/pemberitahuan tentang keadaan suatu barang.
    3. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang suatu perijinan/perjanjian.
    4. Menentukan gambaran umum/informasi tersirat dari percakapan lisan singkat tentang kegiatan masa lampau/pendapat terhadap sesuatu hal (benda/tempat/masalah).
  4. Short Talks (Monologs)
    Indikator:
    1. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat tentang proses pengerjaan/pengoperasian suatu alat/tips melakukan sesuatu.
    2. Menentukan gambaran umum/informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat dengan tepat dari monolog lisan singkat berbentuk pengumuman singkat/iklan singkat/brosur suatu produk.

B. Kompetensi Reading

Reading (Membaca)
Memahami dan merespon makna dalam wacana tulis interpersonal dan transaksional, esai/monolog pendek dan teks fungsional pendek berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
  1. Error Recognition
    Indikator:
    1. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perbandingan benda/peraturan atau penolakan.
    2. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi benda/tempat wh-questions.
    3. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan deskripsi fisik seseorang (physical appearance)/benda atau profesi seseorang.
    4. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan pengandaian/ pilihan tindakan.
    5. Menentukan kata/frasa yang salah yang terdapat dalam kalimat yang menyatakan perasaan seseorang terhadap sesuatu/pendapat seseorang.
  2. Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian Nasional Bahasa Inggris SMK
  3. Reading Comprehension
    Indikator:
    1. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dalam surat/memo/pesan/e-mail bersifat bisnis.
    2. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa dari deskripsi perusahaan/profil perusahaan.
    3. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi tertentu/informasi rinci/informasi tersirat atau makna kata/frasa pada deskripsi pekerjaan seseorang di waktu lampau/job descriptions.
    4. Menentukan pikiran utama paragraf/gambaran umum atau informasi rinci/informasi tersirat, atau makna kata/frasa dalam sebuah teks procedure dalam bentuk a.l. manual/ resep/ petunjuk/instruksi atau iklan.

C. Kompetensi Writing

Writing (Menulis)
Mengungkapkan dan merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek dan esai sederhana bentuk recount/news item/procedure secara akurat dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari, pekerjaan dan keprofesian.
  1. Incomplete Dialog
    Indikator
    1. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang suatu kemungkinan/ pemberian pendapat.
    2. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi penawaran sesuatu/perintah.
    3. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi permohonan/pemberian saran.
    4. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi uraian tentang kegiatan rutin/gerund.
    5. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi suatu pilihan atau pemesanan barang/jasa.
    6. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi perintah/permohonan/saran.
    7. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi pengandaian/penggunaan used to (kebiasaan waktu lampau).
    8. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi rencana/janji yang akan datang/question tag.
    9. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang berisi kegiatan waktu lampau/passive voice.
    10. Menentukan ungkapan untuk melengkapi dialog yang terkait dengan kegiatan yang sedang berlangsung/present perfect tense.
  2. Cloze Test
    Indikator
    1. Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada surat bisnis berbentuk surat lamaran kerja/memo.
    2. Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada sebuah pengumuman/pemberitahuan.
    3. Menentukan kosa kata (kata kerja/kata depan/kata sifat) yang tepat untuk melengkapi teks rumpang tidak lengkap pada iklan/brosur singkat.

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)