Kisi-Kisi Ujian Sekolah (USek) Bahasa Inggris Kelas XII SMK Tahun 2020

Mister Guru (Prastowo Ismanto)
0

Hallo, sobat Mister Guru sekalian, khususnya adik-adik pelajar kelas XII SMK yang sedang bersiap-siap menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Pada postingan ini, Mister Guru akan membagikan Kisi-Kisi Ujian Sekolah (USek) Bahasa Inggris SMK Tahun Ajaran 2019-2020. Mister Guru menyusun kisi-kisi ini dengan memasukkan hampir semua materi Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai dari kelas X, XI, hingga XII, terutama yang memiliki kemungkinan terbesar untuk masuk dalam Ujian Nasional.

Kisi-Kisi Ujian Sekolah (USek) Bahasa Inggris Kelas XII SMK Tahun 2020

Semoga kisi-kisi Ujian Sekolah Bahasa Inggris ini dapat bermanfaat dan membantu adik-adik sekalian dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Selamat belajar.

NoKOMPETENSI DASARMATERIINDIKATOR SOALLEVEL KOGNITIFBENTUK SOAL
13.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang kegiatan rutin/ kebiasaan, sesuai konteks penggunaannya.Rutinitas / kebiasaan sehari-hariDisajikan dialog rumpang tentang rutinitas / kebiasaan sehari-hari, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan tepatC4PG
23.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannyaRencana / niat melakukan suatu kegiatanDisajikan dialog rumpang tentang rencana / niat melakukan suatu kegiatan, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan tepatC4PG
33.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks mengenai pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian di waktu yang akan datang (Conditional Sentence type 1), sesuai dengan konteks.Conditional type 1Disajikan dialog rumpang tentang pengandaian (Conditional type 1), siswa dapat menganalisa kalimat / kata kerja yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut C4PG
43.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis tentang orang,tempat dan benda, sesuai dengan konteks penggunaannya.Deskripsi tentang seseorangDisajikan dialog rumpang tentang deskripsi seseorang, siswa dapat menyimpulkan kalimat / ungkapan yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
53.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya.Tindakan/kejadian di waktu lampauDisajikan dialog rumpang tentang kejadian di waktu lampau, siswa dapat menganalisa kalimat / kata kerja yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC4PG
63.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menarik kesimpulan tentang isi teks tersebut dengan tepatC5PG
73.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menyimpulkan pesan yang terkandung dalam teks tersebut dengan tepatC5PG
83.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menganalisa makna kata ganti benda (pronoun) dengan tepatC4PG
93.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks naratif ( legenda / cerita rakyat)Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menentukan padanan kata dengan tepatC3PG
103.1 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang ungkapan meminta dan memberi saran (suggestion), sesuai dengan konteks penggunaannya.Giving suggestionDisajikan dialog rumpang tentang sebuah permasalahan, siswa dapat menyimpulkan saran yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
113.2 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang ungkapan memberi dan meminta pendapat (opinion), sesuai dengan konteks penggunaannyaGiving opinionsDisajikan dialog rumpang tentang pendapat, siswa dapat menyimpulkan pendapat / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut.C5PG
123.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks undangan resmi sesuai dengan konteks penggunaannya Invitation letterDisajikan sebuah teks undangan resmi, siswa dapat menyimpulkan tujuan teks tersebut dengan tepatC5PG
133.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks undangan resmi sesuai dengan konteks penggunaannya Invitation letterDisajikan sebuah teks undangan resmi, siswa dapat menganalisa informasi terperinci yang terkandung dalam teks tersebutC4PG
143.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menarik kesimpulan tentang isi /tujuan teks tersebutC5PG
153.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menganalisa informasi terinci yang tersirat dalam teks tersebutC4PG
163.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
173.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks factual reportDisajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan konteks di dalam teksC3PG
183.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan permintaan (request), sesuai dengan konteks penggunaannyaRequestsDisajikan sebuah dialog rumpang tentang permintaan (request), siswa dapat menyimpulkan kalimat permintaan / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
193.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan/pengumuman (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannyaAnnouncementDisajikan sebuah teks pengumuman (announcement), siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
203.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan/pengumuman (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannyaAnnouncementDisajikan sebuah teks pengumuman (announcement), siswa dapat menganalisa informasi terperinci dalam teks tersebutC4PG
213.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang suatu hal yang tidak terjadi di waktu sekarang (conditional sentence type 2), sesuai dengan konteks penggunaannya.Conditional sentence type 2Disajikan sebuah dialog berisi kalimat pengandaian (conditional sentence) type 2 yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan bagian kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebutC3PG
223.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tentang ungkapan penawaran barang dan jasa (offering things and service), sesuai dengan konteks penggunaannya.Making an OfferDisajikan sebuah dialog rumpang tentang penawaran (offer), siswa dapat menyimpulkan kalimat penawaran / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
233.12 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tentang ungkapan memberi dan meminta informasi petunjuk arah (asking and giving direction), sesuai dengan konteks penggunaannya.Asking directionDisajikan sebuah dialog rumpang tentang petunjuk arah, siswa dapat menyimpulkan kalimat permintaan petunjuk arah / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC5PG
243.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
253.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menyimpulkan hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teksC5PG
263.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
273.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya.Teks recount (biografi)Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
283.2 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang hal yang tidak terjadi di masa lampau (conditional sentence type 3), sesuai konteks penggunaannyaConditional sentence type 3Disajikan sebuah dialog berisi kalimat pengandaian (conditional sentence) type 3, siswa dapat menyimpulkan makna dari kalimat pengandaian tersebutC5PG
293.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan /pengalaman kerja, sesuai konteks penggunaannyaJob responsibility / experienceDisajikan dialog rumpang tentang tanggung jawab pekerjaan, siswa dapat menyimpulkan kata/kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebutC4PG
303.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
313.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menganalisa informasi terperinci dalam teks tersebutC4PG
323.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
333.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks procedureDisajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
343.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebutC5PG
353.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menganalisa informasi dalam teksC4PG
363.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teksC4PG
373.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannyaAnalytical expositionDisajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
383.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnyaBusiness letterDisajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebut dengan tepatC5PG
393.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnyaBusiness letterDisajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat memprediksi tindakan apa yang diharapkan secara tepatC5PG
403.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnyaBusiness letterDisajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teksC3PG
413.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks news itemDisajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat menyimpulkan judul / isi teks tersebut dengan tepatC5Essay
423.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannyaTeks news itemDisajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat menentukan informasi penyebab kejadian dalam teksC3Essay
433.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai konteks penggunaannyaTeks news itemDisajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat memprediksi tindak lanjut yang akan / harus dilakukanC5Essay
443.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks monolog lisan dan tulis di tempat umum dan kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.MemoDisajikan sebuah teks memorandum, siswa dapat menentukan siapa pengirim/penerima memo tersebutC3Essay
453.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks monolog lisan dan tulis di tempat umum dan kerja sesuai dengan konteks penggunaannya.Memo Disajikan sebuah teks memorandum, siswa dapat menganalisa tindakan apa yang diharapkan dari memo tersebutC4Essay
Prev: BSE SD/MI Kelas 6; 9/1/10, 7:21 PM; PV 6572

Post a Comment

0Comments

Post a Comment (0)