Hallo, sobat Mister Guru sekalian, khususnya adik-adik pelajar kelas XII SMK yang sedang bersiap-siap menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Pada postingan ini, Mister Guru akan membagikan Kisi-Kisi Ujian Sekolah (USek) Bahasa Inggris SMK Tahun Ajaran 2019-2020. Mister Guru menyusun kisi-kisi ini dengan memasukkan hampir semua materi Bahasa Inggris untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai dari kelas X, XI, hingga XII, terutama yang memiliki kemungkinan terbesar untuk masuk dalam Ujian Nasional.
Semoga kisi-kisi Ujian Sekolah Bahasa Inggris ini dapat bermanfaat dan membantu adik-adik sekalian dalam mempersiapkan diri menghadapi Ujian Sekolah dan Ujian Nasional. Selamat belajar.
No | KOMPETENSI DASAR | MATERI | INDIKATOR SOAL | LEVEL KOGNITIF | BENTUK SOAL |
---|---|---|---|---|---|
1 | 3.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang kegiatan rutin/ kebiasaan, sesuai konteks penggunaannya. | Rutinitas / kebiasaan sehari-hari | Disajikan dialog rumpang tentang rutinitas / kebiasaan sehari-hari, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan tepat | C4 | PG |
2 | 3.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang niat melakukan suatu tindakan/kegiatan, sesuai dengan konteks penggunaannya | Rencana / niat melakukan suatu kegiatan | Disajikan dialog rumpang tentang rencana / niat melakukan suatu kegiatan, siswa dapat melengkapi dialog tersebut dengan tepat | C4 | PG |
3 | 3.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks mengenai pengandaian jika terjadi suatu keadaan/kejadian di waktu yang akan datang (Conditional Sentence type 1), sesuai dengan konteks. | Conditional type 1 | Disajikan dialog rumpang tentang pengandaian (Conditional type 1), siswa dapat menganalisa kalimat / kata kerja yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C4 | PG |
4 | 3.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif lisan dan tulis tentang orang,tempat dan benda, sesuai dengan konteks penggunaannya. | Deskripsi tentang seseorang | Disajikan dialog rumpang tentang deskripsi seseorang, siswa dapat menyimpulkan kalimat / ungkapan yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C5 | PG |
5 | 3.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks lisan dan tulis tentang memberi dan meminta informasi terkait tindakan/kejadian yang dilakukan/terjadi di waktu lampau yang merujuk waktu terjadinya dan kesudahannya, sesuai dengan konteks penggunaannya. | Tindakan/kejadian di waktu lampau | Disajikan dialog rumpang tentang kejadian di waktu lampau, siswa dapat menganalisa kalimat / kata kerja yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C4 | PG |
6 | 3.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks naratif ( legenda / cerita rakyat) | Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menarik kesimpulan tentang isi teks tersebut dengan tepat | C5 | PG |
7 | 3.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks naratif ( legenda / cerita rakyat) | Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menyimpulkan pesan yang terkandung dalam teks tersebut dengan tepat | C5 | PG |
8 | 3.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks naratif ( legenda / cerita rakyat) | Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menganalisa makna kata ganti benda (pronoun) dengan tepat | C4 | PG |
9 | 3.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks naratif sederhana berbentuk legenda rakyat, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks naratif ( legenda / cerita rakyat) | Disajikan sebuah teks naratif ( legenda / cerita rakyat), siswa dapat menentukan padanan kata dengan tepat | C3 | PG |
10 | 3.1 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang ungkapan meminta dan memberi saran (suggestion), sesuai dengan konteks penggunaannya. | Giving suggestion | Disajikan dialog rumpang tentang sebuah permasalahan, siswa dapat menyimpulkan saran yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C5 | PG |
11 | 3.2 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang ungkapan memberi dan meminta pendapat (opinion), sesuai dengan konteks penggunaannya | Giving opinions | Disajikan dialog rumpang tentang pendapat, siswa dapat menyimpulkan pendapat / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut. | C5 | PG |
12 | 3.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks undangan resmi sesuai dengan konteks penggunaannya | Invitation letter | Disajikan sebuah teks undangan resmi, siswa dapat menyimpulkan tujuan teks tersebut dengan tepat | C5 | PG |
13 | 3.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks undangan resmi sesuai dengan konteks penggunaannya | Invitation letter | Disajikan sebuah teks undangan resmi, siswa dapat menganalisa informasi terperinci yang terkandung dalam teks tersebut | C4 | PG |
14 | 3.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks factual report | Disajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menarik kesimpulan tentang isi /tujuan teks tersebut | C5 | PG |
15 | 3.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks factual report | Disajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menganalisa informasi terinci yang tersirat dalam teks tersebut | C4 | PG |
16 | 3.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks factual report | Disajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teks | C4 | PG |
17 | 3.4 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks ilmiah faktual ( factual report) terkait isu aktual, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks factual report | Disajikan sebuah teks ilmiah faktual (factual report), siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan konteks di dalam teks | C3 | PG |
18 | 3.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan permintaan (request), sesuai dengan konteks penggunaannya | Requests | Disajikan sebuah dialog rumpang tentang permintaan (request), siswa dapat menyimpulkan kalimat permintaan / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C5 | PG |
19 | 3.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan/pengumuman (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya | Announcement | Disajikan sebuah teks pengumuman (announcement), siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebut | C5 | PG |
20 | 3.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks pemberitahuan/pengumuman (announcement), sesuai dengan konteks penggunaannya | Announcement | Disajikan sebuah teks pengumuman (announcement), siswa dapat menganalisa informasi terperinci dalam teks tersebut | C4 | PG |
21 | 3.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang suatu hal yang tidak terjadi di waktu sekarang (conditional sentence type 2), sesuai dengan konteks penggunaannya. | Conditional sentence type 2 | Disajikan sebuah dialog berisi kalimat pengandaian (conditional sentence) type 2 yang tidak lengkap, siswa dapat menentukan bagian kalimat yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut | C3 | PG |
22 | 3.10 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tentang ungkapan penawaran barang dan jasa (offering things and service), sesuai dengan konteks penggunaannya. | Making an Offer | Disajikan sebuah dialog rumpang tentang penawaran (offer), siswa dapat menyimpulkan kalimat penawaran / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C5 | PG |
23 | 3.12 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks tentang ungkapan memberi dan meminta informasi petunjuk arah (asking and giving direction), sesuai dengan konteks penggunaannya. | Asking direction | Disajikan sebuah dialog rumpang tentang petunjuk arah, siswa dapat menyimpulkan kalimat permintaan petunjuk arah / respon yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C5 | PG |
24 | 3.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya. | Teks recount (biografi) | Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebut | C5 | PG |
25 | 3.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya. | Teks recount (biografi) | Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menyimpulkan hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks | C5 | PG |
26 | 3.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya. | Teks recount (biografi) | Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teks | C4 | PG |
27 | 3.13 menilai hal yang dapat diteladani dari tokoh dalam teks biografi dan menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks biografi tokoh sesuai dengan konteks penggunaannya. | Teks recount (biografi) | Disajikan sebuah teks recount (biografi) tokoh terkenal, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teks | C3 | PG |
28 | 3.2 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan pengandaian tentang hal yang tidak terjadi di masa lampau (conditional sentence type 3), sesuai konteks penggunaannya | Conditional sentence type 3 | Disajikan sebuah dialog berisi kalimat pengandaian (conditional sentence) type 3, siswa dapat menyimpulkan makna dari kalimat pengandaian tersebut | C5 | PG |
29 | 3.3 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks tentang tugas pekerjaan dan latar belakang pendidikan /pengalaman kerja, sesuai konteks penggunaannya | Job responsibility / experience | Disajikan dialog rumpang tentang tanggung jawab pekerjaan, siswa dapat menyimpulkan kata/kalimat yang tepat untuk melengkapi dialog tersebut | C4 | PG |
30 | 3.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks procedure | Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebut | C5 | PG |
31 | 3.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks procedure | Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menganalisa informasi terperinci dalam teks tersebut | C4 | PG |
32 | 3.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks procedure | Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teks | C4 | PG |
33 | 3.5 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks prosedur sederhana sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks procedure | Disajikan sebuah teks procedure, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teks | C3 | PG |
34 | 3.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannya | Analytical exposition | Disajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebut | C5 | PG |
35 | 3.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannya | Analytical exposition | Disajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menganalisa informasi dalam teks | C4 | PG |
36 | 3.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannya | Analytical exposition | Disajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menganalisa referensi makna yang tepat dari sebuah kata ganti benda (pronoun) di dalam teks | C4 | PG |
37 | 3.6 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks eksposisi terkait isu aktual, sesuai konteks penggunaannya | Analytical exposition | Disajikan sebuah teks analytical exposition, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teks | C3 | PG |
38 | 3.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnya | Business letter | Disajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat menyimpulkan isi /tujuan teks tersebut dengan tepat | C5 | PG |
39 | 3.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnya | Business letter | Disajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat memprediksi tindakan apa yang diharapkan secara tepat | C5 | PG |
40 | 3.7 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks surat bisnis sederhana sesuai dengan konteks penggunannnya | Business letter | Disajikan sebuah teks Business letter, siswa dapat menentukan padanan kata (sinonim) yang tepat dan sesuai dengan kata di dalam teks | C3 | PG |
41 | 3.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks news item | Disajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat menyimpulkan judul / isi teks tersebut dengan tepat | C5 | Essay |
42 | 3.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai dengan konteks penggunaannya | Teks news item | Disajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat menentukan informasi penyebab kejadian dalam teks | C3 | Essay |
43 | 3.9 menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada teks news item sederhana, lisan dan tulis, sesuai konteks penggunaannya | Teks news item | Disajikan sebuah teks news item tentang bencana alam, siswa dapat memprediksi tindak lanjut yang akan / harus dilakukan | C5 | Essay |
44 | 3.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks monolog lisan dan tulis di tempat umum dan kerja sesuai dengan konteks penggunaannya. | Memo | Disajikan sebuah teks memorandum, siswa dapat menentukan siapa pengirim/penerima memo tersebut | C3 | Essay |
45 | 3.8 menganalisis fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan pada teks monolog lisan dan tulis di tempat umum dan kerja sesuai dengan konteks penggunaannya. | Memo | Disajikan sebuah teks memorandum, siswa dapat menganalisa tindakan apa yang diharapkan dari memo tersebut | C4 | Essay |